MANFAAT TK DAN PAUD UNTUK ANAK

Manfaat TK dan PAUD untuk Anak – Seringkali kita bingung usia berapa anak dimasukkan ke sekolah PAUD dan TK terlebih dahulu atau langsung masuk ke jenjang Sekolah Dasar. Masih banyak orang tua juga yang menganggap bahwa sekolah PAUD maupun TK tidak terlalu penting. Mereka bisa mengajari anak mereka membaca, menulis dan berhitung di rumah. Pada tahun 2016, Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) mewajibkan anak masuk pendidikan usia dini atau yang lebih dikenal PAUD dan TK serta kelompok bermain lainnya sebelum masuk SD.

Tujuannya supaya anak lebih mengenal banyak karakter di luar rumah atau keluarga. Lagi pula, manfaat TK dan PAUD bagi anak-anak sangatlah banyak, beberapa di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

1. Membuat Tubuh Anak Menjadi Lebih Sehat

Ketika anak Anda di rumah, ruang geraknya menjadi terbatas. Namun, ketika anak Anda masuk sekolah TK atau PAUD, maka dia akan bermain dengan teman-temannya. Dia akan berlari, melompat, merangkak, mendaki, dan melakukan gerakan-gerakan lain. Aktivitas-aktivitas fisik yang mereka lakukan di sekolah akan membuat aktifitasnya lebih teratur dan dapat meningkatkan kemampuan motoriknya.

2. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Pada Anak

Anak-anak yang bersekolah di TK dan PAUD akan berkomunikasi dengan teman-temannya. Mau tidak mau, si anak dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Melalui cara ini, kemampuan berkomunikasi anak dengan orang lain akan menjadi lebih baik. Selain itu, anak akan belajar cara menyampaikan sesuatu.

3. Mengembangkan Kemandirian Pada Anak

Di sekolah TK dan PAUD, anak-anak diajarkan untuk makan sendiri, melepas sepatu dan kaos kaki sendiri serta beberapa kegiatan lain yang dilakukan secara mandiri. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar dan memahami cara melakukan kegiatan sederhana tanpa bantuan orang lain.

4. Mengembangkan Bakat Terpendam Pada Anak

Di TK dan PAUD, anak-anak akan diberikan banyak kegiatan. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, anda bisa mengetahui bakat dan kemampuan anak anda. Setiap anak terlahir dengan membawa keunikan dan bakat yang berbeda-beda. Anda wajib mencari tahu bakat anak anda sejak dini.

5. Mengembangkan Kedisiplinan Pada Anak

Ketika memasuki TK dan PAUD, anak-anak akan dibiasakan dengan peraturan yang berlaku di sekolah tersebut. Anak-anak akan dikenalkan dengan para pengajar, teman-teman, lingkungan sekitar, peraturan yang berlaku dan sebagainya. Maka secara perlahan, kedisiplinan anak akan berkembang.

6. Mengembangkan Daya Cipta Anak

Di sekolah TK dan PAUD, anak-anak akan diajarkan tentang cara membuat sesuatu dari kertas dan bahan lainnya. Dengan cara ini, daya cipta dan imajinasi anak akan semakin berkembang.

7. Mendorong Minat Baca Anak

Belajar membaca di kelas sangatlah penting demi mendorong minat baca anak. Di TK hal ini diajarkan dengan cara menyusun alfabet di pohon, bermain flash card huruf bersama teman, menyusun puzzle, bernyanyi, dan mendengarkan cerita.

8. Mendorong Rasa Percaya Diri Anak

Anak pada usia sekolah TK sedang berada dalam masa membangun konsep jati diri yang kuat. Maka dari itu, para guru pasti menghargai semua hasil karya anak dengan memberikannya pujian secara verbal untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

9. Lebih Siap Masuk ke Jenjang Sekolah Yang Lebih Tinggi

Kemandirian anak di sekolah seperti tepat waktu, kebiasan positif di sekolah, dan memenuhi kebutuhan secara mandiri menandakan anak siap masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi.

10. Mendorong Anak Mendapat Nilai Lebih Baik Di Sekolah Lanjutan

Pembelajaran semasa TK sangat berkaitan erat dengan kesiapan anak untuk bersekolah. Misalnya, kemandirian dalam belajar, membaca sudah lebih baik, dan memiliki pemahaman dasar matematika.

Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui ada banyak manfaat dari memasukkan anak ke TK maupun PAUD. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Jika ada yang bisa dibantu, Anda dapat menghubungi kontak kami maupun toko kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *