Sekolah Online Saat Menghadapi Pandemi

Sekolah Online Saat Menghadapi Pandemi – Saat ini mayoritas sekolah-sekolah di Indonesia masih menggunakan sistem kegiatan belajar mengajar jarak jauh yakni menggunakan sistem daring (dalam jaringan) dan penugasan. Kebanyakan sekolah memaksimalkan dua sistem tersebut. Sistem daring ini kemungkinan akan berlangsung selama satu semester, terutama bagi wilayah-wilayah yang termasuk dalam zona merah pandemi Covid-19. Berikut ialah tips menjalani Sekolah Online / Daring:

sekolah online

1. Mempersiapkan Peralatan Penunjang Pembelajaran

Para anak didik, siswa maupun siswi tetap perlu mempersiapkan buku dan alat tulis sesuai kebutuhan. Hal ini berkaitan dengan penugasan yang diberikan para guru yang mengharuskan tugas difoto atau dikumpulkan melalui sejumlah aplikasi pembelajaran tertentu. Selain itu, harus dipersiapkan juga mengenai alat penunjang seperti telepon seluler, komputer/laptop untuk proses daring sehari-hari

2. Mempersiapkan Buku Cetak/Paket Pelajaran

Buku Cetak/Paket yang dibagikan oleh pihak sekolah harus dipelajari karena bisa menjadi panduan utama ketika buku modul online tidak ditemukan. Modul online dapat mempermudah siswa, namun dapat juga mempersulit siswa ketika terdapat sumber-sumber informasi yang berlebihan karena akan membuat siswa kebingungan.

3. Mematuhi Waktu Belajar

Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing, namun tetap membutuhkan kedisiplinan siswa. Hal yang paling utama dari sistem daring ialah kedisiplinan waktu agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar. Pada setiap harinya akan terdapat tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan batas waktu pengerjaan tugas tersebut.

4. Mempersiapkan Pakaian Sesuai Aturan Yang Diterapkan Oleh Sekolah

Siswa wajib mengikuti aturan sekolah masing-masing. Sebagian sekolah mewajibkan siswa/siswi menggunakan seragam sekolah saat pembelajaran daring berlangsung. Namun, ada pula yang tidak mewajibkan penggunaan seragam sehingga siswa dapat menggunakan pakaian bebas.

5. Peranan Orang Tua Siswa

Dalam sistem daring, peranan orang tua siswa sangat besar bagi keberhasilan studi anak-anaknya. Siswa/siswi akan didampingi oleh orang tua yang berperan sebagai guru ketika proses belajar dilakukan di rumah.

Orangtua juga perlu membaca dan mempelajari bahan ajar yang diberikan pihak sekolah agar dapat mengajari anak-anaknya.

Tak kalah penting, orangtua siswa juga mesti memahami penggunaan aplikasi teknologi, seperti WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meet, dan Google Classroom yang digunakan dalam mendukung proses belajar agar kegiatan sekolah daring berjalan lancar.

Disini Kami dapat menjadi penunjang untuk memenuhi kebutuhan daring baik dalam mempersiapkan perlengkapan penunjang sekolah online maupun perlengkapan pakaian/seragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *